Selasa, 25 Desember 2012

Informasi Singkat Kota Palembang

Palembang merupakan ibukota Sumatera Selatan Provinsi di Indonesia. Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia, dan memiliki sejarah menjadi ibukota kerajaan maritim. Terletak di tepi Sungai Musi di pantai timur bagian selatan pulau Sumatera, memiliki luas 400,61 kilometer persegi dan jumlah penduduk 1.441.500. Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan dan kota terbesar ketujuh di Indonesia. Kota ini menjadi tuan rumah edisi 26 Games Asia Tenggara dari 11-22 November 2011 bersama dengan Jakarta.

Ini dulunya adalah ibukota Kerajaan Sriwijaya, sebuah kerajaan Melayu yang kuat, yang mempengaruhi sebagian besar Asia Tenggara. Bukti awal keberadaannya berasal dari abad ke-7, seorang biarawan Cina, Yijing, menulis bahwa ia mengunjungi Sriwijaya pada tahun 671 selama 6 bulan. Prasasti pertama di mana nama Sriwijaya muncul juga berasal dari abad ke-7, yaitu Prasasti Kedukan Bukit di sekitar Palembang di Sumatera, tertanggal 683.

Landmark Palembang termasuk jembatan Ampera dan Sungai Musi, yang terakhir yang membagi kota menjadi dua, Seberang Ilir ke Seberang Ulu utara dan ke selatan. The Ilir Seberang adalah pusat Palembang ekonomi dan budaya dan Ulu Seberang adalah pusat politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar